FOTO
Socmed

Sungailiat Triathlon 2017 Diikuti 19 Negara

   •    23 Februari 2017 17:35 WIB
Sungailiat Triathlon 2017 Diikuti 19 Negara
Triathlon Sungailiat 2016 (Foto: dok sungailiattriathlon.com)

Metrotvnews.com, Bangka: Sungailiat, Bangka di rovinsi Bangka Belitung bakal kembali diserbu wisatawan pecinta olahraga. Sedikitnya, ada 19 negara yang bakal berebut posisi tercepat, terkuat, terhebat di Sungailiat Triathlon 2017, yang akan dilangsungkan di Kota Sungailiat pada 20-22 April mendatang


"Ini sudah kali ke empat, event internasional yang merupakan kerja bareng antara Kemenpar dan Pemerintah Kabupaten Bangka, Babel,” kata Menpar Arief Yahya.
 
Sport tourism, kata Arief Yahya, adalah kegiatan yang memadukan antara olahraga renang, bersepeda, dan marathon atau sport dan wisata. 
 
Dari tahun ke tahun, animo wisman yang ikut dalam triathlon ini semakin besar. Biasanya, diikuti 400-an peserta dari sedikitnya 19 negara seperti Aljazair, Australia, Austria, AS, Belanda, Brazil, Filipina, Jerman, Jepang, Italia, Inggris, Kanada, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Spanyol, Swedia, Rumania, dan Prancis.
 
Ada data yang menarik, dari sport tourism itu. dampak langsungnya lebih kecil daripada dampak tidak langsungnya. Sport tourism itu berpotensi diliput oleh media-media internasional, sehingga foto dan videonya bisa meluas di seluruh dunia. Jika dihitung, nilainya akan sangat besar.
 
"Tetapi, wisman sport tourism ini 60 persen akan menjadi repeat visitor. Kalau mereka merasa nyaman dengan alam dan budayanya, mereka akan datang lagi," kata Arief Yahya.
 
Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Nusantara Esthy Reko Astuti menilai, acara ini dari tahun ke tahun semakin baik dan semakin besar serta mampu memberikan dampak yang signifikan dalam hal pariwisata. Kemenpar mendukung penuh event sport tourism tersebut karena memberikan dampak secara langsung yang bisa dirasakan.
 
"Tahun ini tidak hanya Triathlon tapi ada kemungkinan event lain, seperti mountain bike. Kami ingin mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Bangka. Oleh karena itu, rute dalam Triathlon tahun ini akan melewati objek wisata unggulan Kabupaten Bangka," ujar Esthy.
 

(DEV)

Baca Juga