FOTO
Socmed

Tingkatkan Pariwisata Belitung, Menpar Sosialisasi Pengembangan Homestay

   •    23 Februari 2017 17:20 WIB
Tingkatkan Pariwisata Belitung, Menpar Sosialisasi Pengembangan Homestay
(Foto: IST)

Metrotvnews.com, Belitung: Komitmen Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk membina masyarakat agar sadar wisata terus dilakukan. Bukan hanya infrastruktur fisik yang digarap, tetapi juga soft skill masyarakat, keramahtamahan, culture dalam menerima tamu, kebersihan, kerapian, serta kesehatan lingkungan.

"Kini giliran masyarakat Belitung, yang kami ajari hospitality,” kata Asdep Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Kemenpar, Oneng Setya
Harini.

Mereka mengumpulkan masyarakat Belitung, dan menggelar sosialisasi bertajuk “Pentingnya Homestay dan Sadar Wisata di Destinasi Pariwisata" yang digelar di Hotel Bahamas, Belitung, pada 21 Februari 2017.

Acara ini diikuti oleh para penggiat wisata, pemilik homestay, kepala desa, dan BPD. Kegiatan ini dilakukan selama empat hari, sejak 21 Februari. Peserta dan tema pembahasan bervariasi setiap harinya.

“Di 10 Top Destinasi terus kami gerakkan masyarakat untuk memiliki homestay, dan diajarkan hospitality. Ini penting, agar masyarakat juga mendapatkan manfaat secara ekonomi dari pengembangan destinasi. Homestay
itu harus dikelola dengan baik, oleh ibu-ibu di kampung-kampung yang berdekatan dengan destinasi wisata. Homestay sendiri bisa menjadi destinasi bagi wisatawan,” kata Oneng.

Oneng juga menjelaskan, bahwa pengembangan homestay yang diminta Menpar Arief Yahya itu adalah cara untuk memenuhi kualitas, yang kapasitas akomodasinya harus diperbanyak, untuk target wisatawan mancanegara yang semakin besar, yakni 20 juta pada tahun 2019.

Dengan hotel dan resort yang ada, tidak akan mencukupi. “Maka homestay dikembangkan oleh Pak Menpar Arief Yahya, selain untuk memenuhi capacity, juga sebagai sharing economy,” pungkas Oneng.


 
(DEV)

Baca Juga